Facebook memang punya potensi besar untuk mendatangkan
pembeli atau customer. Dengan jumlah penggunanya yang besar, media sosial
buatan Mark Zuckerberg ini harus benar-benar Anda manfaatkan untuk membuat
bisnis berkembang lebih besar lagi. Cara yang bisa Anda lakukan untuk hal ini
adalah dengan menggunakan Facebook Ads atau beriklan di Facebook. Bagi Anda
yang masih awam dengan Facebook Ads, jangan khawatir, karena berikut ini akan
disampaikan beberapa cara mudah belajar Facebook Ads.
Buat Account Facebook Ads Anda
Hal pertama yang peru Anda lakukan tentunya adalah membuat
akun Facebook Ads. Jadi Anda yang belum memilikinya, Anda bisa membuatnya dulu
dengan login dan masuk ke pengaturan akun. Setelah mengisi form, periksa dengan
baik form yang ada dan simpan perubahan. Setelah itu masuk ke menu ‘Tagihan’.
Pada menu ini ada alternatif pembayaran yang harus Anda pilih yaitu dengan
kartu kredit atau dengan metode pembayaran sekunder. Disarankan untuk
menggunakan metode pembayaran sekunder untuk untuk berjaga-jaga limit atau
pemblokiran kartu kredit. Setelah itu Anda juga akan disuruh untuk memilih cara
perhitungan biaya iklan dibagi menjadi dua model, yakni Cost Per Click (CPC)
dan CPM.
Saatnya untuk Membuat Kampanye Facebok Ads
Setelah membuat akun maka Anda harus membuat iklan facebook
dan mengkampanyekan. Caranya sebagai berikut :
1. Tetapkan
Tujuan Anda Terlebih Dahulu
Pertama , Anda harus menetapkan tujuan dulu. Caranya pilih
menu ‘Kelola Iklan’ dan ‘Buat Iklan’ yang ada di atas kanan dari halaman
Facebook. Setelah itu masukkan informasi tambahan tentang apa yang ingin Anda
promosikan, misalnya ingin mendapatkan visitor, ingin mendapatkan banyak like
atau ingin mendapatkan banyak komentar atau lainnya.
2. Saatnya
Menyiapkan Gambar
Setelah menentukan tujuan, saatnya untuk menyiapkan gambar.
Gambar memang memiliki peranan yang besar untuk menarik netizen. Dalam Facebook
Ads, Anda bisa melakukan pengujian terhadap gambar yang akan Anda pakai hingga
enam gambar. Gunakan gambar yang beresolusi tinggi, disarankan gambar yang Anda
pakai memiliki ukuran 600 x 315. Dengan ukuran ini Anda akan lebih mudah
mengatur tata letak agar proporsional dan tepat.
3. Menyusun
Kalimat untuk Iklan Anda
Tahap berikutnya, Anda harus membuat kata-kata atau kalimat
yang akan digunakan untuk iklan Facebook. Untuk membuat iklan Facebook optimal
Anda memang perlu menyusun kata-kata dan kalimat dengan baik. Untuk menyusun
kalimat ini Anda harus memperhatikan tiga hal yaitu judul, teks dan link. Untuk
bagian judul pastikan Anda hanya tidak menuliskan lebih dari 25 karakter. Sebab
jika Anda membuatnya lebih dari itu maka iklan Anda tidak akan muncul.
Berikutnya, untuk teks iklan buat 90 karakter dengan deskripsi bisnis yang
jelas.
4. Penempatan
Iklan
Terakhir, tempatkan iklan Anda dengan baik. Facebook sendiri
menawarkan iklan pada tiga tempat yakni newsfeed, mobile, dan kolom sebelah
kanan. Tentu saja masing-masing penempatan ini memiliki kelebihan dan
kekurannya masing-masing. Jadi jangan terburu menganggap salah satu tempat
iklan baik sebelum Anda benar-benar telah mengujinya. Satu hal lagi yang perlu
Anda pahami bahwa pastikan iklan dan juga situs Anda juga mendukung versi
mobile. Jika situs website bisnis Anda tidak mendukung versi mobile maka iklan
Facebook yang telah mendukung versi mobile akan percuma. Sebab netizen yang
membuka dan mengklik iklan dari perangkat mobile akan kecewa saat mereka masuk
dan mendapati situs bisnis Anda berantakan karena tidak mendukung versi mobile.
إرسال تعليق