Sukses Dropship Aliexpress



Sebagai salah satu kegiatan mendapatkan penghasilan, dropship kini semakin banyak digemari banyak kalangan. Dropship sendiri adalah kegiatan menjual barang atau produk perusahaan aau distributor tanpa harus melakukan stok barang. Orang yang melakukan kegiatan dropship ini disebut dengan dropshipper. Dalam sistem kerja dropship ini, dropshipper yang telah bekerjasama dengan mitra perusahaan atau distributor akan bertugas mencari pembeli dan menjual barang atau produk. Bisa dikatakan seorang dropshipper ini adalah perantara penjualan atau ada yang menyebut reseller.
Tapi dalam praktiknya di lapangan dropshipper di sini berbeda dengan seorang reseller pada umumnya. Sebab seorang dropshipper tidak diharuskan melakukan stok barang dan bahkan juga tidak melakukan pengiriman barang ke tempat pembeli. Persediaan barang dan pengiriman barang sendiri semua akan dilakukan oleh pihak mitra. Tugas seorang dropship hanya mencari dan meyakinkan konsumen agar mau membeli produk mitra perusahaan atau distributor.
Aliexpress sebagai salah satu bagian bisnis dari perusahaan Alibaba juga membuka peluang untuk Anda menjadi seorang dropshipper. Nah agar sukses menjalakan dropship di Aliexpress ini maka Anda bisa menjalankan beberapa trik dan tips berikut ini.


1.            Jalin Komunikasi yang Baik Dengan Pihak Mitra
Salah satu kelemahan dari penjualan sistem dropship adalah dropshipper tidak bisa mengetahui kualitas barang yang dikirim dan juga persediaan barang yang ada. Dari sini kemudian banyak dropshipper yang gagal karena tidak menjalin komunikasi yang baik dengan pihak mitra distributor atau perusahaan. Komunikasi memang menjadi sesuatu yang penting dalam sebuah kemitraan bisnis atau usaha. Tanpa komunikasi yang baik maka akan banyak masalah bermunculan hingga menciptakan kegagalan. Apalagi bila jarak Anda dengan mitra terpaut jauh seperti dalam kemitraan dengan Aliexpress. Maka dari kondisi ini komunikasi benar-benar akan dibutuhkan. Karena Anda bermitra dengan Aliexpress yang notabene perusahaan asing maka penguasaan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris akan manjadi sesuatu yang mutlak.

2.            Lakukan Marketing Dengan Sebaik-baiknya
Sebagai dropshipper yang bertugas menjual barang atau produk dari Aliexpress maka Anda harus punya teknik dan strategi marketing yang bagus. Pelajari terlebih dahulu barang atau produk dari Aliexpress yang akan Anda jual dengan baik. Setelah itu lakukan marketing untuk bisa menarik kosumen datang kepada Anda dan membeli produk. Membuat publik mau membeli sebuah produk memang bukan perkaran mudah. Maka dari itu dibutuhkan sebuah keterampilan marketing atau pemasaran yang baik agar produk yang Anda tawarkan dibeli konsumen. Dalam sistem dropship ini dropshipper memang dituntut mampu menjual banyak barang. Sebab letak kepercayaan mitra distributor atau perusahaan pada seorang dropshipper salah satunya pada kemampuan mereka menjual produk dengan baik. Semakin banyak produk yang mampu Anda jual maka semakin besar kepercayaan mitra kepada Anda sebagai dropshipper.

3.            Berikan Rasa Puas Pada Pembeli
Bukan hanya pada pihak mitra Anda harus memberikan yang terbaik, namun kepada para konsumen atau pembeli pun Anda juga harus melakukan hal yang sama. Seperti pepatah pembeli adalah raja, maka Anda sebagai pihak penjual harus memberikan kepuasan pada mereka. Bisa jadi Anda sebagai dropshipper memiliki keterbatasan dalam hubungan dengan konsumen seperti tidak bisa memilihkan barang yang paling baik dan juga tidak terlibat dalam layanan pengiriman. Tapi dengan keterbatasan itu bukan berarti Anda tidak bisa memuaskan konsumen atau pembeli Anda. Caranya Anda bisa memberikan harga yang wajar dari harga yang diberikan mitra kepada Anda. Selain itu Anda juga bisa memberikan semacam reward atau gift bagi para pembeli yang sudah berlangganan pada Anda.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post