Belajar Facebook Ads




Facebook memang punya potensi besar untuk mendatangkan pembeli atau customer. Dengan jumlah penggunanya yang besar, media sosial buatan Mark Zuckerberg ini harus benar-benar Anda manfaatkan untuk membuat bisnis berkembang lebih besar lagi. Cara yang bisa Anda lakukan untuk hal ini adalah dengan menggunakan Facebook Ads atau beriklan di Facebook. Bagi Anda yang masih awam dengan Facebook Ads, jangan khawatir, karena berikut ini akan disampaikan beberapa cara mudah belajar Facebook Ads.

Buat Account Facebook Ads Anda

Hal pertama yang peru Anda lakukan tentunya adalah membuat akun Facebook Ads. Jadi Anda yang belum memilikinya, Anda bisa membuatnya dulu dengan login dan masuk ke pengaturan akun. Setelah mengisi form, periksa dengan baik form yang ada dan simpan perubahan. Setelah itu masuk ke menu ‘Tagihan’. Pada menu ini ada alternatif pembayaran yang harus Anda pilih yaitu dengan kartu kredit atau dengan metode pembayaran sekunder. Disarankan untuk menggunakan metode pembayaran sekunder untuk untuk berjaga-jaga limit atau pemblokiran kartu kredit. Setelah itu Anda juga akan disuruh untuk memilih cara perhitungan biaya iklan dibagi menjadi dua model, yakni Cost Per Click (CPC) dan CPM.

Saatnya untuk Membuat Kampanye Facebok Ads
Setelah membuat akun maka Anda harus membuat iklan facebook dan mengkampanyekan. Caranya sebagai berikut :

1.            Tetapkan Tujuan Anda Terlebih Dahulu

Pertama , Anda harus menetapkan tujuan dulu. Caranya pilih menu ‘Kelola Iklan’ dan ‘Buat Iklan’ yang ada di atas kanan dari halaman Facebook. Setelah itu masukkan informasi tambahan tentang apa yang ingin Anda promosikan, misalnya ingin mendapatkan visitor, ingin mendapatkan banyak like atau ingin mendapatkan banyak komentar atau lainnya.

2.            Saatnya Menyiapkan  Gambar

Setelah menentukan tujuan, saatnya untuk menyiapkan gambar. Gambar memang memiliki peranan yang besar untuk menarik netizen. Dalam Facebook Ads, Anda bisa melakukan pengujian terhadap gambar yang akan Anda pakai hingga enam gambar. Gunakan gambar yang beresolusi tinggi, disarankan gambar yang Anda pakai memiliki ukuran 600 x 315. Dengan ukuran ini Anda akan lebih mudah mengatur tata letak agar proporsional dan tepat.

3.            Menyusun Kalimat untuk Iklan Anda

Tahap berikutnya, Anda harus membuat kata-kata atau kalimat yang akan digunakan untuk iklan Facebook. Untuk membuat iklan Facebook optimal Anda memang perlu menyusun kata-kata dan kalimat dengan baik. Untuk menyusun kalimat ini Anda harus memperhatikan tiga hal yaitu judul, teks dan link. Untuk bagian judul pastikan Anda hanya tidak menuliskan lebih dari 25 karakter. Sebab jika Anda membuatnya lebih dari itu maka iklan Anda tidak akan muncul. Berikutnya, untuk teks iklan buat 90 karakter dengan deskripsi bisnis yang jelas.

4.            Penempatan Iklan

Terakhir, tempatkan iklan Anda dengan baik. Facebook sendiri menawarkan iklan pada tiga tempat yakni newsfeed, mobile, dan kolom sebelah kanan. Tentu saja masing-masing penempatan ini memiliki kelebihan dan kekurannya masing-masing. Jadi jangan terburu menganggap salah satu tempat iklan baik sebelum Anda benar-benar telah mengujinya. Satu hal lagi yang perlu Anda pahami bahwa pastikan iklan dan juga situs Anda juga mendukung versi mobile. Jika situs website bisnis Anda tidak mendukung versi mobile maka iklan Facebook yang telah mendukung versi mobile akan percuma. Sebab netizen yang membuka dan mengklik iklan dari perangkat mobile akan kecewa saat mereka masuk dan mendapati situs bisnis Anda berantakan karena tidak mendukung versi mobile.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post