Jalan - jalan ke Pulau Derawan




Yakin Anda Tidak Tergoda Dengan Keindahan Pulau Derawan?

Indonesia memang dianugerahi dengan begitu banyak obyek wisata alam yang memukau. Entah kenapa Indonesia Bagian Timur menjadi surga wisata alam khususnya wisata bahari. Salah satu obyek wisata bahari yang wajib Anda kunjungi adalah pesisir Pulau Kalimantan Timur. Saat mendengar Kalimantan Timur mungkin yang ada di benak Anda adalah sebuah kota atau daerah yang identik dengan tambang. Mulai dari tambang batubara , tambang timah hingga tambang minyak bumi mungkin? Eitss… Anda memang benar, namun Anda juga salah. Hal ini karena provinsi yang identik dengan pertambangan ini memiliki sepotong surga yang benar-benar memukau.
Anda tentu pernah mendengar tentang Pulau Derawan bukan? Pulau ini termasuk salah satu pulau cantik di Indonesia yang menjadi favorit wisatawan lokal dan juga mancanegara. Pulau Derawan secara administrasi terletak dalam Provinsi Kalimantan Timur. Pulau yang ikut di Kabupaten Berau ini memang layak disebut sebagai surga wisata. Tidak hanya indah namun benar-benar tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Tidak percaya? Ayo luangkan waktu Anda untuk berkunjung ke Pulau Derawan.


Tidak Hanya Cantik Namun Luar Biasa

Siapa yang bilang bahwa Pulau Derawan itu cantik? Anda salah besar karena memang Anda akan sulit menemukan kata yang tepat untuk menggambarkan keindahan pulau ini. Pulau yang secara administratif terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau ini menyajikan keindahan alam bawah laut dan atas laut yang luar biasa indah. Saat Anda menginjakkan kaki pertama kali di pulau ini, Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih yang tak bercela, hamparan air laut yang memiliki gradasi warna hijau dan biru, barisan pohon kelapa serta rumah-rumah penduduk yang membuat Anda bisa memahami kearifan lokal warga sekitar Pulau Derawan.
Air di perairan Pulau Derawan benar-benar jernih sehingga Anda dapat dengan mudah menikmati keindahan bawah laut pulau ini. Ikan-ikan berwarna-warni dan biota laut lainnya bisa dilihat dengan jelas dari atas. Jika Anda tidak menyukai kegiatan diving atau snorkeling, Anda masih bisa melakukan kegiatan lain di pulau ini. berkeliling Pulau Derawan sambil menikmati keindahan alam yang tersaji adalah hal yang wajib dilakukan.

Ingin sensasi yang berbeda? Silakan berkunjung ke 4 pulau lain yang termasuk dalam gugusan Kepulauan Derawan. Ada fasilitas berupa speedboat yang akan mengantarkan Anda berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya. Selain itu ada satu kegiatan wajib lain yang harus Anda lakukan di Pulau Derawan yaitu menikmati dan mengabadikan indahnya matahari terbenam di pantai. Percayalah memori ini akan Anda kenang seumur hidup. Menikmati indahnya malam di pantai bersama orang-orang terkasih sambil menikmati ikan atau seafood bakar juga bukan pilihan yang buruk lho.

Surganya Alam Bawah Laut

Anda mencintai aktivitas diving dan snorkeling? Maka Pulau Derawan adalah tempat yang tepat untuk Anda. Apakah Anda tahu bahwa Pulau Derawan menjadi salah satu tempat tujuan meyelam bertaraf internasional? Bahkan pulau ini mendapat peringkat ketiga di dunia lho. Ckckck Anda yakin tidak ingin berlibur ke Pulau Derawan?

Air laut yang jernih dan ombak yang tidak terlalu besar membuat aktivitas diving dan snorkeling Anda berjalan tanpa hambatan disini. Selain itu mata Anda akan dimanjakan dengan keragaman biota laut yang ada di perairan Pulau Derawan. Menurut situs Wikipedia, Pulau Derawan menjadi salah satu wilayah di dunie yang memiliki kekayaan biota laut terbanyak.

Total ada sekitar 872 spesies ikan dan 507 spesies terumbu karang yang hidup di perairan Pulau Derawan. Bahkan menurut pengakuan beberapa wisatawan, mereka bisa bertemu dengan penyu hijau di Pulau Derawan. Ya seperti yang Anda tahu bahwa penyu hijau ini termasuk dalam kategori binatang langka. Siapa tahu Anda beruntung bisa bertemu dengan Penyu Hijau saat berlibur di Pulau Derawan bukan?

Akomodasi Penginapan

Berlibur ke Pulau Derawan tentu tidak akan selesai dalam satu hari bukan? Percayalah berapa lama Anda disana akan terasa kurang. Sekali Anda menginjakkan kaki di pulau ini maka Anda tidak ingin waktu berlalu dengan  cepat. Selain faktor banyaknya kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pulau Derawan, letak pulau ini yang jauh dari kota besar membuat semua wisatawan yang mengunjungi pulau ini menginap. Tidak afdhol juga jika Anda jauh-jauh ke Derawan dan tidak menginap disana. Dari beberapa pulau yang ada di sekitar Pulau Derawan seperti Pulau Kakaban, Pulau Maratua dan Pulau Sangalaki, Pulau Derawan merupakan pulau yang paling banyak dihuni oleh penduduk. Oleh karena itu para wisatawan tidak akan sulit mendapatkan penginapan di Pulau Derawan.
Di pulau ini Anda bisa dengan mudah menemukan penginapan, tentunya banyak variasi harga yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Dengan tarif sekitar Rp. 100.000,- Anda sudah bisa menginap di Pulau Derawan. Jika ingin sensasi yang berbeda. Anda bisa menginap di rumah penduduk. Tarif homestay di rumah penduduk adalah sekitar Rp. 250.000,- sedangkan untuk cottage yang dibangun diatas laut Anda cukup mengeluarkan dana sekitar Rp. 300.000,- per malamnya. Ingin merasakan sensasi mewahnya menginap di Pulau Derawan, Anda bisa merasakannya dengan harga diatas Rp. 500.000,- .

Meskipun di Pulau Derawan sudah ada banyak penginapan namun faktanya masih ada wisatawan yang memilih untuk menginap di Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Nabucco ataupun Pulau Sangalaki.  

Selain penginapan yang lengkap dan memiliki banyak pilihan, Pulau Derawan juga menyediakan berbagai fasilitas seperti penyewaan peralatan menyelam, speedboat, restoran dan fasilitas publik lainnya. lengkapnya fasilitas yang ada di Pulau Derawan juga membuat banyak wisatawan betaj berlibur di pulau ini.

Akses Menuju Ke Pulau Derawan

Pulau yang satu ini memang termasuk pulau terluar milik Indonesia. Namun Anda tentunya masih bisa mengakses pulau ini. Pulau Derawan dapat diakses dari dua tempat yaitu Kota Tarakan dan Kota Berau. Kedua kota ini sama-sama berada di Provinsi Kalimantan Timur dan bisa dicapai dengan mudah menggunakan transportasi udara. Nah dari sini kami akan mengulas tentang masing-masing jalur dari kedua kota tersebut.

Sebelum memulai perjalanan dari Berau atauapun Tarakan tentu Anda yang berasal dari uar pulau Kalimantan tentu harus mencari penerbangan dari kota Anda masing-masing. Jarak Kota Tarakan dan Kota Berau yang cukup jauh memang membuat harga tiket pesawat menuju kesana cukup mahal. Jika Anda ingin menekan budget transportasi saat berlibur ke Pulau Derawan maka pastikan Anda rajin mencari tiket promo.

Anda yang berlibur dengan banyak orang bisa memilih jalur via Tarakan. Selain tiket pesawat menuju Tarakan lebih murah dan dan tentunya jumlah penerbangan ke Tarakan lebih banyak dibandingkan dengan Berau. Di Tarakan Anda bisa menyewa speedboat dengan hasil patungan bersama rekan-rekan Anda. Di Tarakan Anda tidak akan menemukan speedboat yang berangkat secara regular jadi memang menyewa speedboat adalah pilihan satu-satunya. Harga sewa speedboat tentu mahal, karena itu jalur via Tarakan ini kurang cocok untuk solo traveler atau Anda yang traveling sendirian.
Sebaliknya, Anda bisa memilih jalur via Berau jika Anda berlibur sendiri atau bersama teman (jumlah sedikit). Hal ini karena di Berau Anda dapat dengan mudah menemukan speedboat yang secara regular berangkat ke Pulau Derawan. Namun memang jumlah penerbangan ke Berau tidak sebanyak penerbangan menuju Tarakan.  Sesampainya di Berau, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Batu menggunakan jasa travel. Di Berau ada banyak sekali jasa travel yang menghubungkan Berau dan Tanjung Batu. Nah dari Tanjung Batu inilah Anda bisa menemukan speedboat menuju Pulau Derawan yang berangkat secara regular.





Nah bagaimana dengan ulasan diatas? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke Pulau Derawan? Bagi Anda yang mungkin ragu untuk bepergian sendiri karena kurang mengerti rute sebaiknya Anda mengikuti tour yang banyak disediakan oleh jasa travel. Jika di daerah atau kota Anda tidak ada travel agent yang memiliki paket tour ke Pulau Derawan maka Anda dapat dengan mudah mencari paket tour tersebut di internet. Akses internet yang cepat saat ini membuat perjalanan berlibur Anda lebih mudah dan nyaman. Pastikan melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memilih paket tour yang Anda inginkan ya. Berlibur boleh namun pastikan budget Anda memadai. Selamat berlibur ke Pulau Derawan..

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post