Daftar Tempat Nongkrong Keren Di Tanjung Redeb Part 1




Tanjung Redeb merupakan salah satu nama kecamatan di Propinsi Kalimantan Timur. Tanjung Redeb adalah ibukota kabupaten Berau. Pemerintahan kabupaten Berau juga terpusat di Tanjung Redeb. Tanjung Redeb terdiri dari 6 kelurahan yaitu Bugis, Gayam, Gunung Panjuang, Karang Ambun, Sungai Bedungun dan Tanjung Redeb. Wisatawan yang akan berlibur ke sekitar Kabupaten Berau biasanya akan melewati atau singgah di Tanjung Redeb. Hal ini karena akses kota yang memiliki beraneka ragam hotel, warung dan lain sebagainya semua berada di Tanjung Redeb, sebelum ke Tanjung Redeb dari Bandara yang berlokasi di Kecamatan Teluk Bayur, Bandara dengan nama Kalimarau.

Tanjung Redeb dapat dicapai melalui jalur darat maupun udara. Lewat jalur udara kita bisa menaiki penerbangan menuju Bandara Kalimarau Kecamatan Teluk Bayur menuju Kecamatan Tanjung Redeb seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa bandara Kalimarau berlokasi di Kecamatan Teluk Bayur Sementara rute jalur darat akan menempuh jarak sekitar 655 km dari Balikpapan.

Singgah di suatu tempat, tidak afdol rasanya jika belum jalan-jalan atau sekedar nongkrong menikmati kota tersebut. Nah bagi kamu yang sedang singgah ke Tanjung Redeb dan bingung mencari tempat nongkrong berikut kami ulas beberapa spot yang bisa kamu jadikan referensi. Tanjung Redeb walaupun hanya kecamatan tapi banyak tempat yang bisa membuat kamu rindu untuk kembali lagi kesini.

Tepian Sungai Segah



Pulau kalimantan memiliki banyak sungai dengan ukuran yang besar. Di Kalimantan sungai besar dimanfaatkan sebagai sarana transportasi yang dapat menghubungkan satu kota dengan kota lain bahkan menghubungkan kota antar propinsi. Disamping dimanfaatkan sebagai sarana transportasi, sungai besar di Kalimantan juga dimanfaatkan sebagai sarana olahraga dan berwisata. Salah satu sungai besar yang ada di Kalimantan adalah sungai Segah. Sungai ini adalah salah satu sungai utama yang mengalir dari pedalaman kalimantan hingga Tanjung Redeb. Sungai Segah mengalir sepanjang 152 km. Di Tanjung Redeb sungai Segah dimanfaatkan warga sebagai sarana transportasi.

Tepian sungai Sengah atau biasa disebut Tepian yang berada di Jalan Ahmad Yani adalah salah satu tempat nongkrong di Tanjung Redeb. Bisa dikatakan Tepian adalah pusat keramaian di Tanjung Redeb. Jika kamu ingin mencari oleh-oleh kamu bisa mendapatkan di kawasan Tepian karena saat ini telah ada banyak toko cinderamata yang berdiri disini.

Tepian biasanya mulai ramai dari hingga saat malam hari. Banyak jajanan yang dijual di tempat ini, mulai dari jagung bakar, roti bakar dan berbagai minuman. Sebagian besar penjual menggunakan warung tenda yang didirikan setiap sore di sepanjang tepian. Biasanya penjual mulai membuka lapaknya mulai pukul 17.00 WITA. 

Jika mampir ke tepian kamu harus coba saraba, saraba adalah salah satu menu andalan yang dijual dikawasan ini. Rasa saraba hampir seperti air jahe sehingga akan terasa menghangatkan tubuh. Jika sudah menemukan minuman yang ikonik sekarang beralih ke makanan, kamu bisa menyantap bubur pedas yang dijual ditempat ini. Bubur pedas adalah salah satu makanan khas kabupaten Berau. Bubur ini terbuat dari beras yang disangrai dan diberi aneka rempah rempah. Bubur ini kemudian diberi campuran daun labu dan daun kacang panjang. Tak berhenti disitu bubur ini lalu dicampur lagi dengan kelapa goreng dan santan. Bubur ini dimakan dengan campuran labu kuning, ditambah kacang tanah, ada pula kerang dan ebi (udang Kering).

Tak lupa bawang goreng ditaburkan diatas bubur sebelum disantap. Rasa gurih dan enak bubur ini dijamin bisa menggoyang lidahmu. Berbeda dengan namanya, tidak ada rasa pedas pada bubur pedas ini. Kelezatan bubur ini bisa membuatmu rindu untuk kembali nongkrong di kawasan Tepian Tanjung Redeb.

Kawasan ini menawarkan suasana makan yang santai dan tenang. Disni kamu akan duduk di kursi plastik yang mengelilingi sebuah meja bundar. Kamu bisa melihat ke arah sungai dan menikmati indahnya pemandangan dari kerlap kerlip lampu dari kampung sebelah dan dari lampu kapal-kapal.
Tak hanya warung tenda, beberapa cafe juga telah berdiri disini. Jika kamu hobi memancing, kamu bisa menyalurkan hobimu disini. Sambil ditemani secangkir kopi, dijamin kamu akan rindu suasana di Tepian Sungai Sengah ini. 

Taman Cendana



Berau memiliki banyak destinasi wisata yang unik, namun pilihan wisata di pusat kabupaten Berau justru terbatas. Menyiasati hal tersebut pemerintah setempat mendirikan taman-taman sebagai tempat rekreasi warga. Salah satu taman yang telah berdiri di Tanjung Redeb adalah Taman Cendana.
Taman Cendana berada di pusat kecamatan Tanjung Redeb tepatnya di antara jalan Milono dan jalan APT Pranoto. Berada di dekat kantor Walikota, taman Cendana dapat kamu datangi ditengah hari yang terik. Suasana yang sejuk pasti akan menyenangkan. Taman ini selalu ramai dikunjungi oleh warga sekitar. Masyarakat sekitar seringkali kemari untuk jalan-jalan, karena taman Cendana menawarkan konsep wisata di pusat kecamatan dengan harga yang ekonomis. Jalan-jalan atau nongkrong ditaman ini tidak akan menguras kantongmu sebab di taman ini tidak banyak penjual makanan, biasanya hanya tersedia gorengan dan berbagai minuman ringan yang dijajakan di taman ini. Kamu juga menjadikan taman ini sebagai jogging track di pagi hari.

Taman Sanggam



Satu lagi taman di Tanjung Redeb yang menjadi tempat rekreasi warga yaitu taman Sanggam. Taman ini berlokasi di jalan Milono, Tanjung Redeb. Lokasi taman Sanggam didirikan dulunya merupakan pasar tradisional Gayam. Pada tahun 2007 pasar Gayam dihabiskan oleh si jago merah, seluruh bangunan dan kios pedagang habis. Setelah kebakaran tersebut, lokasi bekas pasar disulap menjadi taman oleh pemerintah setempat. Taman ini dibangun pada tahun 2011. Nama taman Sanggam diambil dari sebutan Kecamatan Tanjung Redeb. Sanggam merupakan singkatan dari beberapa kata. Kepanjangan dari Sanggam yaitu sehat anggun gairah aman manusiawi atau dapat diartikan indah, elok ataupun bersih.

Taman ini tentu cocok banget untuk kamu jadikan referensi nongkrong di Tanjung Redeb. Taman ini telah dilengkapi beberapa fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Fasilitas yang dimiliki taman sanggam meliputi perpustakaan umum dan juga ada wahana permainan untuk anak-anak. Area taman ini cukup luas, sehingga kamu bisa manfaatkan untuk jogging ataupun senam. Taman ini berada di samping sungai Kelay. Jadi sambil nongkrong di taman ini kamu bisa menikmati aliran air sungai Kelay. Rencananya taman Sanggam akan dijadikan taman buah, sehingga akan terasa lebih sejuk. Disamping itu nantinya taman ini bisa menjadi taman edukasi bagi generasi muda.

Kedai Kopi Singkuang



Kedai kopi kampus Singkuang atau Kedai kopi Singkuang masuk ke daftar tempat nongkrong selanjutnya. Kedai ini berlokasi di dekat kampus Singkuang Tanjung Redeb. Kedai ini bisa jadi tempat nongkrong yang asik buat kamu dan teman-temanmu ataupun dengan keluarga saat berada di Tanjung Redeb.  Interior yang ditata sedemikian rupa, akan membuatmu merasa betah untuk menghabiskan waktu lama ditempat ini.

Kooga Barber Shop And Cafe



Nongkrong sambil merapikan rambut bisa kamu lakukan di Kooga Barber Shop and cafe. Cafe ini berlokasi di Jalan Bukit Manimbora samping tower TVRI. Tukang cukur yang bekerja di cafe ini merupakan orang yang telah memiliki sertifikat. Jadi dijamin rambutmu akan rapi dan kamu tidak perlu mengkhawatirkannya. Jadi sambil menunggu temanmu merapikan rambut kamu bisa menikmati berbagai menu yang disediakan di cafe ini. Tentunya tempat ini bisa jadi tempat nongkrong yang bagus buat kamu.

Lopecoffe



Cafe lain yang bisa kamu jadikan referensi tempat nongkrong adalah Lopecoffe. Lopecoffe berada di jalan P. Antasari (Jalan Pemuda). Lopecoffe menyediakan beraneka menu yang bisa menemani kamu nongkrong dan ngobrol lama dengan teman-temanmu. Cafe ini juga merupakan salah satu tempat nongkrong anak muda di sekitar Tanjung Redeb.

Gerobak Coffe Koe



Bagi kamu pecinta kopi kamu bisa datang ke Gerobak Coffe Koe yang berada di Jalan Pulau Derawan (Tepian Teratai) Tanjung Redeb. Ada beraneka macam varian kopi nusantara yang dijual disini. Ngobrol bersama teman dengan ditemani secangkir kopi asli Indonesia akan membuat malammu menjadi lebih menyenangkan.

               Masih kurang dengan tempat nongkrong di atas? Kamu juga bisa kok hang out ke café – café keren yang ada di Tanjung Redeb. Café keren di Tanjung Redep diantaranya adalah Kumvau café yang berlokasi di Perum Korpri I No. 4, Jl. Dermaga, Karang Ambun. Kumcafe yang berdiri dua lantai ini bertema klasik dan menyajikan beragam latte seperti latte ice, latte hazelnut belum lagi menu istimewanya yakni smoke beef cream yang bikin kamu pengen nambah terus. Bagi yang seneng banget minum kopi kamu juga bisa datang ke coffee and cheef yang berada di Jl. Pemuda 74 Tanjung Redeb. Café berlantai dua dengan konsep outdoor di lantai satunya ini menawarkan pilihan kopi dari Asia hingga Amerika dan Eropa.

Jangan lupa untuk menyaksikan penyajian kopi dengan menggunakan mesin espresso, Vietnam dip, atau syphon di café ini agar wawasanmu tentang kopi jadi semakin bertambah. Balkon di lantai dua yang terdapat di café ini juga menawarkan suasana romantic bagi pasangan yang hendak nongkrong. Bagi yang suka banget nongkrong di angkringan, Tanjung Redep juga punya kok angkringan asyik buat anak muda seperti kamu.  Coba deh berkunjung ke Jl. Jenderal Sudirman, Bugis untuk merasakan kuliner di angkringan D’mentalist yang menyediakan layanan wifi gratis.

Angkringan ini buka dari Selasa hingga Minggu mulai dari jam 7 malam hingga jam 3 pagi. Angkringan Laperpool juga bikin suasana malammu semakin asyik ditemani kuliner dan wifi yang bikin betah berlama – lama di Jl. Pulau, Gn. Panjang. Angkringan yang buka setiap hari Senin – Sabtu ini mulai beroperasi dari jam 8 pagi hingga jam 12 malam. Angkringan satu ini emang unik belum masuk saja tagline di banner angkringannya mengundang gelak tawa seperti “ Berdiri Sejak Engkau Mendua”.

Diatas adalah beberapa tempat nongkrong keren di Tanjung Redeb yang bisa menjadi referensi kamu dan tentunya masih adalagi tempat nongkrong yang keren dan asik untuk dikunjungi di Tanjung Redeb. Kalau kamu sedang singgah di Tanjung Redeb jangan lupa untuk datang ke tempat di atas. Ataukah kamu punya rekomendasi lainnya untuk dijadikan tempat nongkrong di Tanjung Redeb?

Bersambung.....

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post