10 Travel Blogger Indonesia Terbaik 2016 Versi Travel Blog Reservasi

Siapa yang senang mampir ke blog-blog travel saat ingin mencari informasi tentang sebuah destinasi wisata? Ya, blog travel memang merupakan salah satu sumber informasi terbaik bagi kamu yang sedang membuat itinerary perjalanan atau sedang mencari inspirasi liburan selanjutnya.

Di Indonesia sendiri ada banyak travel blogger yang aktif dan terkenal di kalangan pecinta traveling.

Reservasi.com telah mengumpulkan dan merangkum 10 travel blogger Indonesia terbaik berdasarkan ranking* di Alexa.com. Nah, berikut ini, Reservasi.com akan membahas mengenai karakter blog mereka sekaligus berbagi informasi tentang siapa sosok inspiratif di balik blog tersebut.

Apakah ada travel blogger favoritmu di daftar berikut ini?

1. Travel Blogger cumilebay.com (Moechamad Adi Mariyanto)
 Cumi saat bersama Anak Suku Bajo (cumilebay.com)

Salah satu blogger paling terkenal di jagat travel blogger Indonesia ini dikenal dengan nama beken Cumi Lebay. Pria kelahiran Gresik, Jawa Timur ini memang memiliki ciri khas yang tidak bisa ditiru oleh orang lain. Mungkin orang lain bakal mikir-mikir sih, apa iya mau niru gaya Cumi Lebay yang khas dengan bertelanjang dada hanya mengenakan celana dalam di tengah suhu mencapai 8 derajat celcius?

Tak diragukan lagi Cumi Lebay memang memiliki pesona dalam setiap tulisannya. Mulai dari foto, gaya bahasa hingga warna text yang selalu berbeda dengan travel blogger lainnya. Pria yang suka makan makanan pedas ini bahkan kerap kali dijadikan brand ambassador oleh beberapa merek ternama mulai dari otomotif hingga pakaian celana dalam.

Pria yang mengaku memiliki bisnis pakaian ini memiliki keunikan dalam tulisannya, yaitu menceritakan sisi lain dari sebuah perjalanan yang mungkin tidak bisa didapatkan dari travel blog lainnya. Terkadang ada sisi gelap yang diceritakan dengan nuansa ceria, lucu, dan tak jarang membuat orang ingin pergi ke tempat-tempat yang diceritakan Cumi Lebay.

Tak hanya itu saja, beberapa postingannya kerap kali nangkring di halaman pertama dan berada di ranking pertama pencarian untuk kata kunci tempat wisata tertentu. Cumi Lebay memang sebuah fenomena dalam dunia travel blogdi Indonesia. Ia memang berbeda. Bahkan salah satu perusahaan tambang di Indonesia saja sudah sering menjadikan Cumi Lebay sebagai guide dalam setiap acara jalan-jalan bersama blogger lainnya.

Pria yang santun dan murah senyum ini memang menjadi magnet perjalanan yang tak biasa. Ia selalu memberikan kehidupan dalam setiap perjalanan yang tak bisa dilupakan oleh siapapun juga. Dengan gayanya yang khas, Cumi kerap memberikan tip-tip menulis praktis. Ia tak pernah pelit ilmu berbagai tip ngeblogdari sebuah perjalanan wisata.
Pria yang rajin puasa Senin dan Kamis ini memiliki segudang cerita perjalanan traveling di blognya: Cumilebay.com. Pastikan jantung kamu tidak berdegup kencang saat membaca perjalanannya ke Korea Selatan ketika ia mengunjungi Jeju Loveland Museum.

Blognya tercatat selalu berada di puncak Alexa Rank diantara travel bloggerlainnya. Blognya hingga kini sudah mencapai 4,6 juta hits lebih. Hanya Cumi Lebay yang memberikan cerita panas dan manja dari perjalanannya yang tak pernah berujung.

2.Travel Blogger chockysihombing.com (Chocky Sihombing)
 chockysihombing.com

Chocky Sihombing adalah seorang travel blogger yang besar di Yogyakarta dan mengemban studi di bidang Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada. Meski pembawaan dan penampilan Chocky terlihat santai, Ia adalah sosok penyuka hal baru yang selalu bersemangat dalam menuangkan kisah-kisah perjalanannya maupun berinteraksi dengan pengunjung blognya. Hal yang tentu dirasakan juga oleh pembaca blognya, entah karena Ia lahir di tanggal yang sama dengan Ibu Kartini, atau karena hal lainnya. Ia pun aktif berbagi wawasan di akun-akun media sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, Linkedin, dan Instagram.

Selain traveling, pria yang ramah ini kelihatan bergairah dalam dunia fotografi. Ketertarikannya nampak dari hasil karya foto-fotonya di dalam blog dan Instagram. Tulisan-tulisan karya blogger ini pun amat menarik dan informatif. Pemakaian gaya bahasa yang lugas dipadukan dengan kemampuan bertutur kata yang ringan dan mudah dimengerti, serta tanpa banyak berbasa-basi, membuat tulisannya memiliki karakteristik juga kualitas tersendiri. Bahkan topik pembahasan yang lumayan panjang pun mampu dikemasnya secara apik ke dalam tulisan.

Kecakapan Chocky dalam menekankan sisi informatif kisah perjalanannya bisa dilihat dari pemakaian bullets yang membagi per sub-sub judul, lalu menambahkan tips dan trik singkat di bagian akhir tulisannya. Baginya, informasi-informasi ini lebih berguna untuk membantu orang menemukan referensi perjalanan yang dibutuhkan. Pendapatnya lantas dibuktikan oleh tulisan-tulisan blognya yang rata-rata masuk dalam halaman pertama Google, dan tulisan soal pengurusan Visa Korea Selatan menempati urutan satu dalam pencarian Google.

Selain itu, optimalisasi gambar atau foto, ketepatan keyword yang dituju, serta keaktifan Chocky di media sosial, tentu ikut mendukung peningkatan trafficpengunjung blognya. Kunjungi blog www.chockysihombing.com untuk mengenalnya lebih jauh.

Ketika ditanya soal destinasi wisata favoritnya di tanah air, Chocky bermimpi menjelajahi daerah Indonesia Timur yang terkenal akan eksotisme alamnya. Ia juga penasaran bertemu langsung dengan si maskot Pulau Komodo. Sedangkan untuk destinasi favoritnya di luar negeri, Ia mengaku telah jatuh hati dengan kecantikan New Zealand, sejak mengunjunginya dulu. Alam menjadi alasan utamanya, baginya NZ tempat yang ideal untuk perjalanan liburan, ditambah sambutan ramah dan suasana hangat khas penduduk lokal yang melengkapi kesan keindahannya.

3. Travel Blogger wiranurmansyah.com (Wira Nurmansyah)
 wiranurmansyah.com

Selain terkenal dengan tulisan dan kisah perjalanannya yang seru, pria kelahiran 1989 yang bernama Wira Nurmansyah ini juga sering mengunggah dan menampilkan foto-foto keren hasil jepretannya selama traveling di dalam blog miliknya. Biasanya, Wira lebih sering mengelilingi berbagai tempat dan kota-kota indah sendirian atau tanpa ditemani oleh siapa pun.

Travel blogger yang juga menggemari fotografi ini sangat senang mengunjungi tempat-tempat indah yang bisa membuatnya nyaman sekaligus menginspirasinya untuk menulis tentang tempat tersebut di blog pribadi miliknya.

Berdomisili di Tangerang, Wira memiliki profesi yang memudahkan ia untuk tetap berjalan-jalan keliling Indonesia, bahkan dunia. Berawal dari kecintaannya dengan fotografi yang ‘mengharuskan’ dia untuk tetap traveling, Wira sangat gemar mengabadikan foto-foto landscape dan wisata alam yang bisa membawanya ke tempat-tempat yang belum pernah ia bayangkan sebelumnya. Tidak jarang juga, Wira sering ‘memamerkan’ hasil perjalanannya ini kepada para pembaca dan teman-temannya melalui tulisan di dalam blognya ini.

Cerita bermula sekitar tahun 2008, Wira memulai traveling sendirian dengan mengelilingi kota dan itu menjadikan ia kecanduan sampai sekarang. Wira sempat bercerita kalau di masa awal mula traveling, ia sempat merasa takut dan cemas jika terjadi apa-apa. Apalagi, dulu Wira adalah seorang yang pemalu. Namun, semua itu berubah ketika ia telah merasakan traveling keliling Indonesia. Bahkan, setelah itu, dia malah mendeklarasikan bahwa dirinya bukanlah sosok yang pemalu lagi, melainkan ‘malu-maluin’. Seru banget, ya!

Wira juga sempat bercerita alasan dia ngeblog pada tahun 2008. Alasannya adalah karena ia ingin mengabadikan proses perjalanannya sendiri dengan tujuan ‘pamer’ sekaligus mengedukasi para traveler agar memiliki kesadaran serta bertanggung jawab dengan perjalanan yang telah mereka lalui.

Berawal dari kegemarannya terhadap fotografi yang kemudian mengarahkan dirinya untuk berjalan-jalan sambil mengabadikannya ke dalam foto, kini Wira sudah menjadi salah satu travel blogger yang cukup dikenal di kalangan para traveler dan menginspirasi tentunya. Seru sekali bukan mengenal travel bloggeryang satu ini! nah, kalau kamu penasaran dengan hasil karya foto dan tulisan dari Wira bisa langsung lihat dan baca di www.wiranurmansyah.com

4. Travel Blogger backpackstory.me (Arief Rahman)
 backpackstory.me

Penulis berbakat asal Semarang pemilik blog backpackstory.me ini punya segudang cerita traveling yang dituangkannya secara cerdas, ringan, lucu, dan akrab, ke dalam blognya. Klaimnya sih serious traveler, seperti yang tertulis di tagline backpackstory.me, tapi nyatanya yang ditulis malah bikin pembacanya ngakak gak ketulungan.

Coba lihat ini, “Dasar orang hebat, walaupun fisiknya di penjara namun pikiran Bung Karno bisa merdeka. Merenung di bawah pohon sukun saja, bisa jadi Pancasila. Beda dengan saya yang hanya bisa melamun jorok di bawah pohon mangga,” celotehnya di blog selagi menceritakan soal napak tilas rumah pengasingan Bung Karno di Ende, Flores. Gaya bahasanya mencerminkan kombinasi antara kematangan pikiran dan kepolosan, tapi cerdas, sarat banyolan, kadang maksudnya bukan melawak tapi malahan kocak.

Ada sosok sederhana bernama Arief Rahman di baliknya, yang bahagia menemukan passionnya sebagai traveler dan penulis, setelah sebelumnya pontang-panting mencoba melakukan berbagai pekerjaan demi menyadari panggilan hatinya. Kini, ia pun tak lagi tanggung-tanggung menjalaninya.

Berbagai penghargaan berhasil diraihnya, termasuk penghargaan Indonesia’s Best Travel Blog of the Year 2014 yang dipelopori oleh salah satu situs travel global terkemuka. Ia juga telah menelurkan beberapa buku kumpulan cerpen berjudul Generasi 3G, The Journeys 3, Aku dan Hujan, Rasa Cinta, Jakarta Bandung Jogja, DigitaLove, The DestinAsean, dan Empat Elemen.

Boleh dibilang Arief Rahman memang diberkahi kepekaan emosi dan kemampuan unik untuk melihat ‘kelucuan’ di dunia, sehingga tulisannya pun kerap terasa hidup dan kaya warna. Tak heran kalau banyak pembaca betah mengikuti setiap kisahnya dan setia memberikan komentar. Ulasannya pun sering menginspirasi dan dibuat menjadi referensi perjalanan, mulai dari pengurusan visa, hingga perjalanan mencari cinta.

Profesi Arief Rahman sebagai travel blogger sendiri dimulai pada tahun 2012 berkat kerajinannya dalam berburu tiket murah dan melancong ke berbagai tempat di tanah air pun luar negeri. Sejak itu, ia mulai menulis cerita perjalanannya ke dalam blog.

Singapura menjadi negara pilihan pertamanya untuk destinasi luar negeri. Di sana, ia mendapatkan cara pandang yang baru mengenai kehidupan. Namun, bagi Arief Rahman, pengalamannya menjelajahi Myanmar dan naik balon udara di atas pemandangan ribuan candi, menjadi pengalaman favoritnya sejauh ini. Silakan kunjungi www.backpackstory.me kalau ingin tahu lebih banyak tentang kisah perjalanannya.

Kini, Arief Rahman banyak mendapat tawaran komersil dari berbagai produsen, aktif sebagai narasumber di media cetak dan elektronik, sekaligus memperoleh penghasilan tambahan dari kecintaannya dalam menulis dan traveling.

5. Travel Blogger dananwahyu.com (Danan Wahyu Sumirat)
 Instagram Danan Wahyu

Danan Wahyu Sumirat, pria yang kerap memenangkan lomba menulis ini kemampuan mengolah kata-katanya memang sudah tak perlu diragukan lagi.

Tak heran jika travel blogger yang berkarya di dananwahyu.com ini menarik untuk diulik. Menurut Alexa.com, hal istimewa yang hadir dalam blog dananwahyu.com yang menduduki peringkat di atas rata-rata, kontennya perpaduan antara artikel, foto, video dan audio yang dikemas dengan menarik di dalam satu blog. Hal inilah yang terasa masih jarang dilakukan oleh travel blogger lainnya yang ada di Indonesia.

Banyak destinasi yang telah ditulis oleh Danan Wahyu di blognya mulai dari perjalanan ke Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Papua, Sulawesi Selatan, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Timor Leste, Lampung, Riau hingga ke Nepal.

Jika kamu punya rencana liburan ke salah satu destinasi tersebut, kamu bisa langsung mengulik blognya untuk mencari rekomendasi tempat-tempat spesial yang bisa kamu datangi di destinasi tersebut saat berlibur nanti.

Tak hanya cerita perjalanan berlibur saja yang di dalam blognya, Putra Jawa kelahiran Sumatera ini juga membagikan “curhatannya”, dan berbagai ulasannya soal buku, fashion, hingga teknologi.
Dengan branding blog yang unik yaitu “Jalan-jalan cuap-cuap” atau “Jalan2Cuap2”, Danan Wahyu berhasil mengeksekusi branding tersebut dengan menuangkan segala hobinya untuk bercuap-cuap serta membuat video perjalanan ke berbagai tempat.

Jalan-jalan dan cuap-cuap merupakan kombinasi antara travel blog dan broadcasting off air. Kamu akan diajak menyimak kisah perjalanan dengan cara dan gaya berbeda.

Jika di dalam sebuah artikel blog biasanya kamu diajak berimajinasi melalui kata-kata dan foto ilustrasi, lain halnya dengan di Jalan2Cuap2. Di sana, kamu akan diajak untuk meluangkan indra pendengar dan perasa milikmu untuk menyimak kisah perjalanan yang dikemas dalam bahasa lisan atau tuturan lengkap dengan intonasinya. Selain itu, kamu juga akan diajak mendengar celotehan sang travel blogger, Danan Wahyu, selama hampir satu jam bicara tanpa jeda dan tertawa sendiri seolah-olah memiliki lawan bicara.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan kisah perjalanan yang berbeda yang melibatkan berbagai macam pancaindera serta memadukan artikel, foto, video dan audio, kamu wajib mampir ke blog dananwahyu.com

6. Travel Blogger pergidulu.com (Adam Poskitt dan Susan Natalia)
 Pergidulu.com

Adam dan Susan, mungkin kedua nama ini sudah tak asing lagi di telinga kamu. Adam dan Susan adalah sepasang suami istri yang juga merupakan traveler dan telah mengunjungi banyak destinasi di dunia. Adam adalah seorang warga negara Australia sementara Susan adalah mojang asli Bandung, Jawa Barat.

Pemilik blog pergidulu.com ini sudah pernah menyambangi 25 negara dan memiliki sekitar 24 ribu followers di Instagram. Tak hanya populer di Instagram, pergidulu.com juga menduduki peringkat di atas rata-rata Top Sites in Indonesia menurut Alexa.com.

Pemilihan nama pergidulu.com diawali oleh ketidaksengajaan Susan yang saat itu sedang mengajari sang suami Adam untuk berpamitan terlebih dahulu sebelum berpergian kepada almarhum ayahnya. Pada awalnya, menurut Susan, kata “pergi dulu” sedikit aneh, namun lama kelamaan kata tersebut menjadi berkesan untuk mereka berdua.

Jika berbicara tentang sepasang suami istri yang berlibur berdua pasti yang terbayangkan di benak sebagian besar orang adalah sisi romantisismenya. Nah, tak terkecuali bagi Adam dan Susan. Berbekal moto ‘You must travel with the one you love’, mereka sepertinya sengaja mendedikasikan hidupnya untuk berkeliling dunia dan menikmati keindahan dunia berdua tanpa harus memiliki sebuah rumah dan pekerjaan tetap.

Dengan konsep backpackneymoon, yang terinspirasi dari honeymoon ala backpacking, mereka mencoba mengulas berbagai tempat yang ada di dunia yang pernah mereka kunjungi ke dalam blog pergidulu.com.

Salah satu keistimewaan yang dimiliki pergidulu.com adalah mereka berdua mencoba mengulas konsep ala honeymoon namun dengan backpack yang lengkap mulai dari tempat wisatanya, tempat oleh-olehnya, hingga kuliner terbaik di daerah tersebut. Bahkan, di pergidulu.com ada paduan wisata lengkap mulai dari Bandung, Garut, Cipanas, Cirebon hingga Chiang Mai.

7. Travel Blogger efenerr.com (Farchan Noor Rachman)
 Instagram efenerr.com

Berprofesi sebagai seorang pegawai negeri sipil yang membidangi urusan pajak, tak lantas menjadi sebuah hambatan bagi pria berkacamata ini untuk menulis cerita perjalananya dalam sebuah travel blog. Ia kerap meluangkan waktu demi traveling dalam negeri dan luar negeri. Tulisannya sangat khas dengan ulasan yang mendalam.

Bak membaca sebuah ensiklopedia, ada saja pengetahuan yang bisa kita dapatkan saat membaca cerita perjalanan pria yang kerap diundang sebagai narasumber ini. Farchan bahkan tak pernah kehabisan akal untuk mengundang senyum dan decak kagum lewat timeline Facebooknya. Hampir setiap pagi, ia selalu membagikan #OOTD khas kaum urban yang kerap menggunakan Commuter Line sebagai salah satu sarana transportasi kerja.

Tak jarang, ia juga mengungkapkan kegundahannya dengan cerdas dan mengundang diskusi positif nan mencerahkan. Ia menolak tegas untuk memberitakan dan membagikan berita-berita negatif yang melemahkan jiwa dan pikiran.

Farchan terkadang menyisipkan petuah bahkan falsafah hidup dalam tulisan-tulisannya yang mengalir dan enak dibaca. Tak jarang pembaca blognya merasa tercerahkan setelah membaca tulisannya. Salah satu contohnya adalah Batik Banyumasan Sokaraja yang merupakan salah satu batik anti-mainstream yang ada di Jawa Tengah.

Dalam tulisannya, Farchan mengungkapkan bahwa batik Banyumasan memiliki sejarah cukup panjang yang memiliki benang merah dengan perjuangan Pangeran Diponegoro. Sudut pandang yang berbeda yang disajikan oleh Farchan sangat jarang dimiliki oleh seorang travel blogger di Indonesia. Farchan memang seorang kolektor batik. Bahkan dalam beberapa foto #OOTD Farchan begitu bangga mengenakan batik ke mana pun ia pergi tak terkecuali saat ke kantor.

Tak hanya menulis di blog, tulisan-tulisannya juga cukup banyak yang dimuat di berbagai media cetak. Dengan cara yang unik, ia pun merayakan hari pernikahannya dengan traveling ke Jepang. Pria ini juga cukup aktif di salah satu group traveling di Facebook. Tak selalu memikirkan SEO dan ranking, blognya tetap terawat dan terjaga hingga selalu masuk dalam urutan tertinggi dari daftar travel blog Indonesia dalam Alexa Rank.

8. Travel Blogger whateverbackpacker.com (Adis Takdos)
 whateverbackpacker.com

Traveler yang menyebut dirinya sebagai backpacker gembel ini mulai dikenal lewat blog dan buku travel comedy-nya yang kocak dan nyeleneh. Tak jarang, Adis diundang ke berbagai acara talkshow off air maupun on air. Pada Maret 2011, Adis atau yang akrab disapa Takdos ini sudah memulai menuliskan ceritanya ke dalam blognya yang diberi judul “Whatever I’m Backpacker”.

Adis sudah cukup dikenal dengan ciri khas gaya menulisnya yang berbeda dari para travel blogger lainnya. Bagaimana tidak? Penulis sekaligus traveler yang satu ini sering menghibur para pembacanya dengan gaya penulisannya yang sedikit ngaco, kocak, dan nyeleneh. Meskipun demikian, Adis tetap bisa memberikan informasi yang menarik untuk para pengunjung atau pembaca yang berkunjung ke blog miliknya.

Pria kelahiran 1990-an yang berdomisili di Bandung ini banyak bercerita tentang pengalaman backpacking keliling dunia yang bisa kamu lihat dan baca di www.whateverbackpacker.com. Kamu tahu apa yang membedakan Adis dengantravel blogger lainnya? Di sini, Adis akan menceritakan semua perjalanan keliling dunia yang sudah ia lakukan dengan bujet yang sangat minim alias sangat murah dan di situlah letak keseruannya dimulai.

Tak heran kalau blog Adis memiliki rating yang cukup besar dan menduduki peringkat ke 8,485 di Alexa.com yang kemudian menjadikannya sebagai top rank sites di Indonesia. Oh iya, Adis juga belakangan ini sempat mengumumkan suatu hal menarik yang akan dilakukannya yang diberi nama #WhateverEuro.

Yap! Adis akan mengajak kamu mengikuti jejaknya keliling Eropa ke 29 negara dengan budget yang bakalan bikin kamu terkaget-kaget! Perjalanan yang akan berlangsung selama 58 hari ini akan dimulai dari tanggal 17 Januari 2017 sampai Maret 2017 dan Adis hanya akan mengeluarkan bujet Rp 6.750.000. Wow banget kan?!

Bagaimana, tertarik untuk mengikuti trip bersama Adis? Jangan lupa untuk mampir ke www.whateverbackpacker.com untuk mendapatkan inspirasi dari perjalannya.

9. Travel Blogger catperku.com (Rijal Fahmi Mohamadi)
 Instagram catperku.com

Blog travel populer ini dinakhodai oleh Rijal Fahmi Mohamadi. Isi blog catperku.com sangat lengkap. Tidak hanya tersedia informasi tentang destinasi wisata dalam dan luar negeri, namun juga ada informasi berharga lainnya. Misalnya, informasi tentang cara mengurus mendapatkan working holiday visa, contoh itinerary, dan sebagainya.
Navigasi di blog catperku.com juga sangat rapi dan lengkap. Pembaca sangat dimudahkan ketika ingin mencari sebuah artikel yang sesuai dengan kebutuhannya. Semua artikel dipilah berdasarkan lokasinya (Indonesia atau luar negeri), bentuk aktivitas (adventure, backpacking, motor touring, dan sebagainya.), jenis daerahnya (gunung, hutan, air terjun, konser, dan lain-lain.), tips-tips, ulasan kuliner dan masih banyak lagi.

Semuanya itu ditulisnya dengan berdasarkan pada pengalaman dirinya sendiri sehingga informasinya tentu saja terpercaya. Sesuai dengan nama blog catperku.com yang merupakan akronim dari “Catatan Perjalananku”. Pulau Jawa, Bali, NTB, NTT, Maluku, Kalimantan dan Sulawesi merupakan sejumlah daerah di Indonesia yang pernah disambanginya.

Sementara untuk destinasi luar negeri, negara yang pernah dikunjungi Fahmi di antaranya adalah Jepang, Brunei, Macau, Filipina, Malaysia, Singapura dan Australia. Fahmi sendiri tidak memiliki latar belakang penulis. Lulusan teknik elektro ini sempat bekerja sebagai programmer. Namun belakangan dia malah ketagihan dengan dunia tulis menulis dan blogging yang dimulainya sejak tahun 2010.

Penggemar berat budaya Jepang dan Doraemon ini sekarang sedang menetap di Sydney – Australia menggunakan working holiday visa-nya. Jadi tak heran jika akhir-akhir ini posting blog catperku.com kebanyakan diisi oleh pengalamannya di Australia. Baik pengalaman traveling, pengalaman mencari kerja, maupun pengalamannya dengan pajak di Australia. Sebelumnya Fahmi juga pernah tinggal di Bali selama 2 tahun, Bandung dan Jakarta.

10. Travel Blogger travelerien.com (Katerina S.)
 Instagram Travelerien.com

Ciri khas Travelerien.com adalah tutur bahasanya yang sederhana, mudah dimengerti, serta memiliki gaya penulisan yang cukup rapi. Tulisannya cukup deskriptif dan naratif. Bahkan, beberapa artikel yang ada di sana terasa seperti catatan harian jika dibaca. Katerina melengkapi setiap artikelnya dengan banyak foto, baik dari hasil jepretannya sendiri maupun hasil jepretan teman traveling-nya.

Foto-fotonya pun menampilkan kesan yang menyenangkan dan kadarnya seimbang, tidak terlalu banyak selfie, tetapi juga tidak hanya sebatas pemandangan alam atau benda mati saja. Justru, Katerina sepertinya lebih senang berbagi foto-foto yang menunjukkan keceriaan teman-temannya atau kehebohan rombongannya saat traveling bersama.

Selain nge-blog, keseharian Katerina diisi dengan kesibukannya sebagai ibu rumah tangga. Dengan gaya bahasa khas dan profil Katerina sendiri, tak heran jika mayoritas pembaca blog Travelerien.com didominasi oleh kaum perempuan. Katerina sendiri saat ini berdomisili di BSD – Tangerang Selatan.

Katerina mulai terjun ke dunia blog sejak tahun 2008 tanpa adanya latar belakang jurnalistik, linguistik, dan sebagainya. Semuanya murni karena ia memiliki hobi menulis. Awalnya, ia menulis tanpa memperhatikan kaidah penulisan yang baik. Namun, seiring berjalannya waktu, Katerina terus belajar dengan mengikuti berbagai workshop menulis dan juga blogging.

Travelerien.com termasuk blog travel yang fokus pada destinasi wisata dalam negeri. Daerah favorit Katerina sendiri adalah Lampung. Bahkan, tahun ini saja, ia sudah 5 kali ke Lampung. Menurut Katerina, Indonesia terlalu indah untuk dinomorduakan dan tempat-tempat wisatanya tidak pernah habis untuk dikunjungi. Dari ujung barat sampai ujung timur, semua memesona.

“Sayang tidak semua orang berpikir sama. Tapi bisa jadi karena ketidaktahuan. Nah, lewat tulisan/blog/foto lah saya membantu memberitahu. Walaupun yang saya tahu baru secuil, maklum kemana-mana biaya sendiri, dananya terbatas, yang didatangi masih sedikit,” ujar Katerina kepada Reservasi.com.


sumber : http://blog.reservasi.com/10-travel-blogger-indonesia-terbaik-2016

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post