Menjelajahi Labuan Cermin Yang Tersembunyi Di Pinggiran Kalimantan Timur


Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar dengan kawasan hutan terluas yang ada di Indonesia. Salah satu kota di Kalimantan Timur bahkan dilintasi garis Khatulistiwa yang merupakan garis khayal yang membagi bumi menjadi duaHal inilah yang melandasKalimantan menjadi salah satu paru – paru dunia yang ada di IndonesiaSelain itu pulau Kalimantan juga dikenal memiliki beragam obyek wisata yang bisa kamu jelajahi.
Tempat wisata ini tentu saja lebih condong merujuk pada wisata alamnya yang mampu memukau mata dan tak bisa ditemukan di belahan bumi manapun. Salah satu tempat wisata alam tersebut adalah Labuan Cermin yang terletak di Kalimantan Timur Kabupaten Berau Kecamatan Biduk - Biduk. Sebagian dari kamu mungkin jarang mendengar obyek wisata ini namun bagi masyarakat Kalimantan Timur Kabupaten Berau Kecamatan Biduk - Biduk Labuan Cermin merupakan salah satu surga yang jatuh ke bumi.  Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih seperti kaca dengan biota lautnya yang malu – malu muncul di permukaan danau. Tertarik untuk mengunjunginya? ayo simak dulu rute dan segala akomodasi ke Kabupaten Berau Kecamatan Biduk - Biduk Labuan Cermin agar kamu tidak tersesat nantinya.

Rute

Lokasi dari Labuan Cermin adalah di desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk - Biduk yang bisa kamu tempuh melalui jalur darat selama 6 hingga 7 jam dari kabupaten Berau, Tanjung Radeb.  Bila dari kota Samarinda diperlukan ongkos travel mencapai Rp. 350.000 per orang, dari Sanggatta akan memakan waktu perjalanan hingga 8 jam melalui jalur laut dan jika menempuh dari Sanggatta akan memakan waktu perjalanan hingga 10 jam untuk sampai di Labuan Cermin. Bila kamu menggunakan jalur udara dapat melalui bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan yang kemudian menuju bandara Kalimaru di Kabupaten Berau. Kira – kira perjalanan udara ini memerlukan waktu perjalanan sekitar 45 s/d 50 menit tergantung pesawat yang akan kita gunakan.
Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju terminal mobil untuk mencari travel yang bisa mengantarkan kamu ke Biduk – biduk. Ongkos travel ini rata – rata mencapai Rp. 150.000 untuk sekali jalan.  Jalanan untuk menuju Biduk – Biduk sudah beraspal  namun berkelok – kelok dan melintasi kawasan perkebunan sawit yang cukup luas.  Kira – kira untuk sampai ke Biduk – Biduk kamu akan melewati beberapa kecamatan diantaranya kecamatan Sambaliung, Tabalar, Biatan, Talisayan dan Batu Putih. 
Dikarenakan perjalanan yang memakan waktu hingga berjam – jam kamu bisa menginap dahulu di Biduk – Biduk sebelum pergi menuju Labuan Cermin agar ketika sampai di Labuan Cermin tidak terlalu malam. Untuk menuju Labuan Cermin dari Kampung Biduk – Biduk kamu perlu pergi ke dermaga Labuan Kelambu. Diperkirakan butuh waktu 10 menit saja dari dermaga di Kampung Labuan Kelambu untuk menuju Labuan Cermin. Biaya pulang pergi menggunakan perahu ini menghabiskan ongkos sekitar Rp. 100.000 per orang. Satu kapal mampu menampung hingga 10 orang saja.

Penginapan

Bila sudah  sampai di Biduk – Biduk kamu bisa segera menuju homestay ataupun penginapan yang telah kamu pesan sebelumnya. Rata – rata untuk biaya penginapan di daerah tersebut berkisar Rp. 100.000 – Rp. 250.000 tergantung fasilitas yang diinginkan. Beberapa penginapan juga menyewakan sepeda motor yang bisa kamu gunakan untuk menuju Labuan Cermin.  Beristirahatlah selama sehari agar keesokan harinya kamu bisa menikmati keindahan Labuan Cermin sepuasnya.

Pemandangan Di Labuan Cermin

Labuan Cermin dikenal sebagai salah satu danau terindah di Kalimantan Timur karena airnya yang berwarna biru muda seperti sejernih kaca. Kamu bisa melihat aktivitas biota laut yang sedang asyik di dalam perairan danau. Danau ini juga memiliki dua jenis air yakni bagian atas merupakan air tawar yang umumnya dimiliki danau – danau pada umumnya sedangkan bagian bawah atau dasarnya adalah air asin seperti air laut.  Kedua jenis air ini tak pernah bercampur dan mampu menjadi keunikkan tersendiri.

Selain melihat pemandangan danau dari darat kamu juga bisa snorkeling di kawasan ini. Kamu juga bisa menyewa ban dan alat snorkeling di toko yang ada di desa Labuan Kelambu sebelum menuju kawasan danau Labuan Cermin. Jika beruntung kamu juga bisa menemukan beberapa ekor penyu saat berenang di Labuan Cermin lo. Biarpun sebelumnya kamu menempuh perjalanan yang panjang untuk menempuh danau dua rasa ini namun ketika sampai di lokasi segala usaha kamu pasti terbayarkan dengan panorama tak terlupakan selama disana.

Labuan Cermin juga bisa kamu jadikan salah satu tempat tujuan wisata honeymoon bersama pasangan atau obyek wisata yang bisa direkomendasikan kepada kerabat atau teman yang hendak berlibur ke Kalimantan Timur. Tunggu apalagi buruan berangkat deh biar tidak keduluan yang lain untuk berselfie ria di kawasan ini!


Nantikan lanjutan cerita kami untuk daerah disekitarnya yang tidak kalah menarik

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post